Senin, 02 Mei 2011

HIPNOTERMIA


A.    JUDUL
Jasa Pengembangan Karakter Menggunakan Hipnoterapi & NLP

B.     LATAR BELAKANG MASALAH
Dunia kerja percaya bahwa sumber daya manusia yang unggul adalah mereka yang tidak hanya memiliki kemampuan teknis / hard skill saja, namun mereka yang memiliki kemampuan mengatur diri dan emosi / soft skill.  Dunia pendidikanpun mengungkapkan bahwa berdasarkan penelitian di Universitas Harvard Amerika Serikat ternyata kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill) saja, tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill). Penelitian ini mengungkapkan, kesuksesan hanya ditentukan sekitar 20% oleh hard skill dan sisanya 80% oleh soft skill.
     Suatu kenyataan bahwa sampai saat ini pendidikan formal di Indonesia masih memberikan porsi yang tidak seimbang antara hard skill dengan soft skill. Ketidakseimbangan tersebut terlihat jelas pada jenjang pendidikan, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas yang jauh lebih banyak berorientasi pada kemampuan teknis / hard skill.
     Saat ini masyarakat mulai menyadari bahwa soft skill mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan seseorang. Namun seperti dijelaskan diatas , soft skill masih sangat jarang diberikan di pendidikan formal. Melihat kondisi tersebut, tentu diperlukan adanya suatu inovasi dan kreatifitas agar peningkatan kualitas soft skill generasi penerus Indonesia yang masih berstatus sebagai siswa SMP dan SMA di Jawa Tengah dapat terus digalakan.
     Berdasarkan data pada Jaringan Pendidikan Nasional, saat ini di Jawa Tengah terdapat 4913 SMP/MTs, 1520 SMA, dan 1108 SMK. Setiap sekolah tentu ingin menjadi yang terbaik dalam segala bidang, termasuk karakter / sikap siswanya. Dengan demikian, pihak sekolah akan melakukan upaya maksimal agar siswa yang menjalani pendidikan di sekolah tersebut memiliki karakter  yang baik, salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah melalui pelatihan-pelatihan soft skill.
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas soft skill adalah melalui sesi pelatihan menggunakan Hipnoterapi dan NLP. Hipnoterapi dan NLP merupakan suatu teknik yang sangat popular karena dapat merubah perilaku dan keyakinan seseorang dengan cepat dan permanen. Namun sayang tidak semua orang dapat melakukan proses terapi mengunakan hypnosis (hipnoterapi). Hal tersebut dikarenakan hipnoterapi memerlukan keterampilan khusus.
Dari total anggota tim PKM kami yang berjumlah 5 orang, 3 diantaranya telah memiliki kemampuan hipnoterapi yang baik. Keterampilan tersebut dapat tim manfaatkan dengan menyediakan jasa pengembangan karakter menggunakan hipnoterapi dan NLP dengan sasaran konsumen pengguna jasa tim kami adalah seluruh SMP dan SMA se-Jawa Tengah.
    
C.    PERUMUSAN MASALAH
Permasalahan yang perlu dipecahkan dalam program ini adalah perlunya mengetahui bagaimana hipnoterapi dan NLP dapat digunakan sebagai cara untuk meningkatkan kualitas karakter siswa SMP dan SMA di Jawa Tengah dan dapat meniptakan usaha kecil menengah, dan mengetahui strategi pemasaran jasa pengembangan karakter menggunakan hipnoterapi dan NLP.

D.    TUJUAN
  Tujuan dari pelaksanaan program ini adalah :
1.      Terbentuk sebuah lembaga yang fokus pada pengembangan karakter dengan memanfaatkan hipnoterapi dan NLP.
2.      Tercipta usaha kecil menengah.
3.      Mengembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa.





E.     LUARAN YANG DIHARAPKAN
Luaran yang diharapkan dari pelaksanaan program adalah sebagai berikut :
1.      Tersedia jasa pengembangan karakter menggunakan hipnoterapi dan NLP yang professional.
2.      Memperoleh keuntungan dari pelayanan jasa pengembangan karakter menggunakan hipnoterapi dan NLP.

F.     KEGUNAAN
Program ini diharapkan akan memberikan kegunaan sebagai berikut :
1.      Menyeimbangkan antara kemampuan teknis / hard skill dengan kemampuan mengendalikan diri / soft skill.
2.      Meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan dan orang lain.
3.      Menjadikan peserta pelatihan selalu dalam kondisi termotivasi setiap saat.

G.    GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
Saat ini di Jawa Tengah terdapat 7541 sekolah menengah, yakni 4913 SMP/MTs, 1520 SMA, dan 1108 SMK. Setiap sekolah tentu ingin kualitas sumber daya manusia yang ada di sekolah memiliki karakter yang baik. Dengan karakter siswa yang baik tentu akan membawa dampak positf bagi kegiatan belajar siswa.
Dengan jumlah sekolah di jawa tengah yang cukup banyak, maka akan terjadi persaingan antar sekolah untuk menunjukan prestasi masing-masing sekolah. Prestasi dapat dicapai jika kemampuan teknis dan karakter siswa dari sekolah tersebut baik. Untuk meningkatkan kemampuan teknis dapat dilakukan melalui kegiatan belajar di kelas, dan untuk meningkatkan kualitas karakter siswa dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah melalui pelatihan soft skill menggunakan hipnoterapi dan NLP.
Hal pertama yang kami lakukan agar sekolah sebagai konsumen kami mengetahui keberadaan jasa kami adalah dengan mengirimkan surat penawaran kerjasama untuk menyelenggarakan  jasa kami di sekolah tersebut. Harga yang kami tawarkan kepada konsumen adalah Rp 12.000 per siswa di sekolah tersebut. Harga tersebut merupakan harga yang terjangkau untuk pelatihan yang berkualitas selama 5 jam. Pelatihan tersebut diadakan disekolah yang menggunakan jasa kami.
Tim PKM membuat surat penawaran jasa
Surat diterima oleh sekolah-sekolah
Persetujuan kerjasama dengan sekolah
Mengadakan pelatihan di sekolah
 









Gambar 1. Proses Pengadaan Jasa di Sekolah

Agar mendapatkan hasil yang maksimal tentu sebuah jasa professional harus diimbangi oleh teknik pemasaran yang baik. Beberapa teknik pemasaran yang kami gunakan adalah :
1.    Memasang iklan di berbagai media.
2.    Menggunakan kartu nama. Kartu nama tersebut nantinya juga diisi dengan informasi produk kami.
3.    Membuat website yang berisi promosi program kami dan profil perusahaan.
4.    Menawarkan langsung pada konsumen

Untuk meningkatkan kinerja usaha maka sumber daya yang dimiliki harus dikelola dengan baik. Setiap personal memiliki bagian kerja sendiri dan struktur manajemen dapat dilihat pada Gambar 3 yaitu :


·         Ankardiansyah Pandu Pradana, sebagai Manajer Utama. Memiliki tanggung jawab antara lain:
o   Bertanggung jawab atas kelangsungan usaha
o   Mengarahkan dan memberi motivasi pada anggota
o   Menjalin hubungan kerja dengan mitra bisnis
o   Bertanggung jawab untuk mengembangkan usaha
·         Hendra Hardika Adiputra, sebagai Kepala Marketing. Ragil Satrio Nugroho sebagai staff marketing. Memiliki tanggung jawab antara lain :
o   Bertanggung jawab terhadap kegiatan pemasaran
o   Memberikan pertimbangan berkaitan dengan kondisi usaha, terutama mengenai Pemasaran
o   Bertanggung jawab atas kelangsungan usaha
·         Arintyas Septaputri, sebagai Kepala Keuangan. Ernie Hartini sebagai staff keuangan. Memiliki tanggung jawab antara lain :
o   Mengatur arus kas masuk dan keluar
o   Mengatur pemberian kompensasi kepada anggota
o   Memberikan pertimbangan berkaitan dengan kondisi usaha, terutama mengenai keuangan

Manajer
Ankardiansyah Pandu Pradana
Struktur Manajemen
Kepala Keuangan
Arintyas Septaputri
Staff Marketing
Ernie Hartini
Kepala Marketing
Hendra Hardika Adiputra
Staff Marketing
Ragil Satrio Nugroho
 








Gambar 2. Bagan Struktir Manajemen Perusahaan
Studi kelayakan usaha perlu dilakukan untuk mengetahui prospek usaha penyediaan jasa pengembangan karakter menggunakan hipnoterapi dan NLP, sebagai berikut:
·         Modal usaha
Tabe 1. Total modal usaha
No
Modal
Qty
Harga
Satuan (Rp)
Jumlah
(Rp)
1
2
3
4
Peralatan penunjang PKM
Bahan habis pakai
Biaya transportasi
Biaya lain-lain
1 paket
1 paket
1 paket
1 paket
2.061.000
1.410.000
500.000
2.672.135
2.061.000
1.410.000
500.000
2.672.135
Total
6.643.135

·         Biaya penyediaan jasa per 3 (tiga) bulan
Tabel 2. Rincian biaya penyediaan jasa per 3 bulan
No
Modal
Qty
Harga
Satuan (Rp)
Jumlah
(Rp)
1

2

3
4
Surat penawaran kerjasama + amplop
Proposal penawaran kerjasama
Transportasi
Pengiriman surat + proposal melalui POS.
200 paket

200 paket

1 paket
1 paket

2.000

5.000

500.000
350.000
400.000

1.000.000

500.000
350.000
Total
2.250.000

            Biaya penyediaan jasa per 3 bulan = 2.250.000
            Biaya penyediaan jasa per  = Biaya penyediaan jasa per 3 bulan : 3
                                                         = 2.250.000 : 3
                                                         = 750.000

·         Penerimaan per bulan
Tabel 3. Jumlah penerimaan tiap bulan
Dalam satu bulan mengadakan 4 kali pelatihan di 4 sekolah yang berbeda dengan asumsi satu sekolah terdapat 400 siswa.
No
Penerimaan
Qty
Harga
Satuan (Rp)
Jumlah
(Rp)
1
2
3
4
Pelatihan I
Pelatihan II
Pelatihan III
Pelatihan IV
400 siswa
400 siswa
400 siswa
400 siswa
12.000
12.000
12.000
12.000
4.800.000
4.800.000
4.800.000
4.800.000
Total
19.200.000

·         Pendapatan per bulan
Pendapatan     = Penerimaan per bulan – Biaya Penyediaan Jasa per bulan
                        = 19.200.000 – 750.000
                        = 18.450.000

·         Efisiensi Rasio
R/C ratio         =
                        =
                        = 25,6

·         Rentabilitas
Rentabilitas     =   x 100%
                        =   x 100%
                        = 24,6


·         Periode biaya investasi (Analisis BEP)
BEP     = Modal awal usaha : Penerimaan perbulan
            = 7.000.000 : 19.200.000
            = 0,36 bulan / 2 minggu

·         Uji kelayakan menggunakan analisis SWOT
Strength           :
§  Jasa pengembangan karakter sangat diperlukan oleh sekolah.
§  Tersedianya praktisi hipnoterapi dan NLP dalam tim PKM.
§  Tersedianya alat-alat penunjang kegiatan.
Weakness         :
§  Jadwal kuliah yang sangat padat sehingga akan mempengaruhi jadwal pelayanan jasa.
Opportunity     :
§  Dukungan dari Universitas Jenderal Soedirman.
§  Setiap tahun selalu ada regenerasi siswa di sekolah.
§  Penyediaan jasa serupa masih sangat sedikit.
§  Adanya event-event penting seperti UAN, SNMPTN, Ujian Kenaikan Kelas.
Threath            :
§  Isu bahwa hipnoterapi menggunakan bantuan jin.

Dari beberapa analisis usaha diatas, terlihat bahwa efisiensi rasio berada jauh diatas angka satu, dengan demikian, usaha pengembangan arakter menggunakan hipnoterapi dan NLP  ini dapat dikatakan sangat  efisien dalam pemanfaatan modal, sehingga diharapkan usaha tersebut dapat membawa keberlanjutan untuk usaha di masa yang akan datang. Selain itu, BEP juga dapat diperoleh dalam waktu 2 minggu atau 2 kali pelaksanaan pelatihan.
Hasil analisis SWOT juga menunjukan bahwa usaha pengembangan karaktere menggunakan hipnoterapi dan NLP sangat memiliki peluang berkembang dan terus berlanjut. Sehingga usaha ini sangat layak untuk dijalankan.
H.    METODE PELAKSANAAN
a)      Pembelian alat penunjang
·         Pembelian alat dilakukan pada minggu pertama di bulan pertama.
·         Alat dibeli di toko-toko yang menyediakan disekitar Purwokerto.
b)      Pembuatan surat penawaran kerjasama
·         Surat penawaran kerjasama dibuat pada minggu pertama dibulan pertama.
·         Pencetakan surat penawaran kerjasama dilakukan pada minggu kedua dibulan pertama.
c)      Sistem pemasaran
·         Pemasaran dilakukan dengan mendatangi sekolah-sekolah dan menyerahkan surat penawaran kerjasama.
·         Pemasaran ke sekolah yang berada diluar daerah Banyumas dilakuan dengan mengirimkan melalui jasa Pos.
·         Pemasaran juga dilakukan melalui media-media promosi yang akan tim buat.
d)     Manajemen internal
·         Membuat struktur kepengurusan yang solid.
·         Meningkatkan kualitas SDM tim PKM.
·         Meningkatkan motivasi kerja dan rasa memiliki terhadap usaha yang dijalankan.
·         Menambah sarana penunjang dan fasiltas udaha serta merawatnya dengan baik.
e)      Sustainability program
·         Menjalin hubungan dengan mitra usaha.
·         Memperluas jaringan pemasaran.
·         Melakukan inovasi baru untuk memenuhi permintaan pasar.
f)       Performa indicator
·         Jumlah konsumen yang puas terhadap jasa kami lebih dari 95% dari total konsumen dan pendapatan meningkat 25% per bulan.

I.       JADWAL KEGIATAN

Tabel 4. Rencana Pelaksanaan Program.

Tahap

Jenis Kegiatan

Bulan I

Bulan II

Bulan III

Bulan IV

Bulan V

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

Persiapan

Pembelian alat-alat penunjang

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembuatan surat penawaran kerjasama

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pencetakan surat penawaran kerjasama

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan

Pemasaran

 

 

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

Pelaksanaan usaha

 

 

 

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

Laporan

Evaluasi program

 

 

 

X

 

 

 

X

 

 

 

X

 

 

 

X

 

 

 

X

Laporan hasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

X

X





J.      RANCANGAN BIAYA
a)     Peralatan Penunjang PKM
     Tabel 5. Daftar Biaya Peralatan Penunjang PKM
No
Modal
Qty
Harga
Satuan (Rp)
Jumlah
(Rp)
1
2
3
4
5
6
7
Streples
Cuter
Penggaris
Printer + infus
Kartu nama
CD Blank
Wireles Microphone
3 pc
3 pc
3 pc
1 pc
5 paket
1 paket
1 paket
18.000
5.000
4.000
900.000
50.000
80.000
750.000
54.000
15.000
12.000
900.000
250.000
80.000
750.000
Total
2.061.000

b)      Biaya Habis Pakai
Tabel 6. Daftar Biaya Habis Pakai
No
Modal
Qty
Harga
Satuan (Rp)
Jumlah
(Rp)
1
2
3
4
5
6
7
Kertas F4
Amplop (110 x 230 mm)
Lakban hitam
Tinta Printer
CD Blank
Isi streples
Isi cuter
10 rim
15 paket
25 paket
8 paket
1 paket
10 paket
3 paket
38.000
18.000
10.000
45.000
85.000
5.000
5.000
380.000
270.000
250.000
360.000
85.000
50.000
15.000
Total
1.410.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar