Senin, 02 Mei 2011

penelitian


BAB I
PENDAHULUAN

A.          Latar Belakang
Penyusunan laporan praktek kerja perpustakaan ini dimaksudkan untuk melengkapi persyaratan lulus sebagai mahasiswa Program studi Diploma II Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitar Terbuka. Praktek kerja perpustakaan merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar melalui praktek dan dapat memperoleh pengalaman kerja yang praktis, serta dapat mengembangkan kemampuan dalam mengidentifikasi data dan membuat kesimpulan yang dilandasi dengan sikap ilmiah.
Pada saat ini ada kecenderungan masyarakat enggan untuk menggunakan fasilitas perpustakaan, karena berkembangnya media teknologi yang lebih cepat dalam mengakses informasi daripada membaca di perpustakaan. Oleh karena itu perpustakaan sebaiknya meningkatkan kualitas pelayanan dengan membekali calon pustakawan untuk memiliki keterampilan yang memadai dan berwawasan luas.
Perpustakaan merupakan tempat yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat yang membutuhkannya. Informasi dapat diperoleh dari berbagai jenis bacaan yang tersedia di perpustakaan. Hal itu sesuai dengan fungsi perpustakaan yang koleksinya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan, penelitian dan membantu dalam pelaksanaan tugas ataupun sebagai tempat hiburan.
B.      Tujuan Praktek Kerja Perpustakaan
Tujuan praktek kerja perpustakaan yang kami laksanakan adalah sebagai berikut :
1.        Melaksanakan studi banding di perpustakaan SMP Negeri 3 Sukoharjo, yang unggul dalam hal pengadaan, pengolahan dan pelayanan agar dapat dicontoh yang kemudian dikembangkan di perpustakaan umum atau sekolah.
2.        Mencari alternatif pemecahan masalah yang dihadapi pada waktu praktek di SMP Negeri 3 Sukoharjo.
3.        Memantapkan penguasaan materi suatu pelajaran atau pengetahuan yang diperoleh di bangku perkuliahan dengan terjun langsung ke lapangan yaitu pada perpustakaan SMP Negeri 03 Sukoharjo yang telah di tunjuk dengan menghadapkan kami kepada kegiatan yang senyatanya, yakni aktivitas sehari-hari di perpustakaan SMP Negeri 03 Sukoharjo.
4.        Mengenalkan kami pada alat-alat yang sudah baku dan tersedia di perpustakaan SMP Negeri 03 Sukoharjo.

C.         Sistematika
Dalam penyusunan laporan praktek kerja perpustakaan ini, penulis menggunakan sistematika sebagai berikut :
1.        Bab I adalah pendahuluan yang berisi tentang latar belakang, tujuan praktek kerja perpustakaan dan sistematika.
2.        Bab II membahas mengenai keadaan perpustakaan yang meliputi sejarah berdirinya, gedung, ruang dan perlengkapannya, koleksi, struktur organisasi, tenaga, dana dan layanan.
3.        Bab III menguraikan tentang masalah dan pemecahannya.
4.        Bab IV adalah bab terakhir yang berisi tentang kesimpulan dan saran-saran.















BAB II
KEADAAN PERPUSTAKAAN

A.   Sejarah Berdirinya
Didalam Perkembanganya SMP Negeri 3 Sukoharjo memiliki perpustakaan yang sejalan dengan sejarah dan perkembangan yang sama dengan lembaga induknya yaitu SMP Negeri 3 Sukoharjo.
Berdirinya SMP Negeri 3 Sukoharjo pada tahun pelajaran 1979/1980 yang bertempatkan dijalan Dr. Sutomo No.1 telp. (0271) 593165 Sukoharjo yang memiliki luas tanah ± 0,895 ha. yang terdiri dari 9 ruang kelas, yaitu ruang kepala sekolah, ruangtata usaha , ruang guru, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang ketrampilan, ruang mengetik, dan WC siswa, guru dan karyawan.
Didalam perkembanganya SMP Negeri 3 Sukoharjo pada tahun 2008/2009 telah di tetapkan sebagai Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Penetapan tersebut telah didasarkan pada keputusan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional No. 230/C3/KEP/2008 tanggal 8 Pebruari 2008, SMP Negri 3 Sukoharjo mulai tahun pelajaran 2008/2009 telah ditetapkan sebagai Sekolah Rintisan Bertaraf Internesional (RSBI). Dengan demikian penetapan RSBI di SMP Negeri 3 Sukoharjo tersebut, maka sekolah ini telah memiliki 2 program regular dan RSBI.
Pada tahun pelajaran 2008/2009 SMP Negeri 3 Sukoharjo telah membuka 2 kelas RSBI yang berjumlah 45 peserta didik masing-masing 23 dan 22 peserta didik. yang Kemudian disusul pada tahun pelajaran 2009/2010 sekolah ini membuka 4 kelas RSBI dengan kapasitas siswa sejumlah 100 peserta didik untuk 4 kelas RSBI dengan masing-masing berjumlah antara 25-26 peserta didik tiap kelas hingga akhirnya pada tahun pelajaran 2010/2011 ini, SMP Negeri 3 Sukoharjo membuka 8 kelas RSBI.
Pada tahun 1979/1980 perpustakaan SMP Negri 3 Sukoharjo mukai berdiri dan di kelola oleh para karyawan dan guru sekolah. Nomor perpustakaan yang di berikan oleh Depdikbud yaitu : 20103104035.
Perpustakaan di SMP Negeri 3 Sukoharjo yang berdiri sejak tahun pelajaran 1979/1980 tersebut telah mengalami kemajuan sedikit demi sedikit, baik dari segi peminjam, proses pengelolaan, koleksi buku sampai dengan kartu anggota. meskipun perpustakaan ini dimulai dari yang sangat sederhana dan meningkat kearah yang lebih baik dari tahun ketahun, dan sekarang pun sudah ada petugas yang mampu menangani dan mengelola perpustakaan di SMP Negeri 3 Sukoharjo secara rutin, tidak seperti dulu belum ada petugas yang menangani secara khusus, sehingga diharapkan kedepannya perpustakaan tersebut  bisa dijadikan tempat dimana siswa-siswi SMP Negeri 3 Sukoharjo untuk mencari informasi dan bahan bacaan yang berhubungan dengan pendidikan, penelitian, membantu pelaksanaan tugas ataupun sebagai sarana hiburan.
Perpustakaan SMP Negeri 3 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 tampil lebih dinamis, bentuk dan isinya ditata dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan semua pihak khususnya para siswa-siswi.

B.      Gedung, Ruang dan Perlengkapannya
Denah Ruang Perpustakaan di SMP Negeri 3 Sukoharjo yang berlokasi di jalan Dr. Sutomo No.1 Sukoharjo yang terdiri dari dua ruang yaitu ruang utama dan gudang dan ruangan tersebut memiliki ukuran ±150 m². Di dalam ruang utama perpustakaan terdapat 2 buah rak buku dan sebuah rak koran serta terdapat 4 buah meja baca dan 6 buah study currel. Adapun lay out ruang perpustakaan digambarkan sebagai berikut :










Gambar 2.1 Lay Out Ruang Perpustakaan
untuk menunjang kelancaran kegiatan perpustakaan dalam mendukung proses belajar mengajar-mengajar serta kepentingan pelaksanaan pendidikan, perpustakaan SMP Negeri 3 Sukoharjo sudah memiliki sarana dan prasarana yang menunjang seluruh aktifitas diperpustakaan Adapun sarana dan perlengkapan yang dimiliki antara lain:
No
Nama Barang
Jumlah
Keadaan
Baik
Rusak
1
Almari rak
7   buah
5
2
2
Almari Referensi
1  buah
1
-
3
Meja Sirkulasi
1  buah
1
-
4
Komputer
1  buah
1
-
5
Meja Komputer
1  buah
1
-
6
Printer merk HP 3535
1 buah
1
-
7
Meja Petugas
2  buah
2
-
8
Kursi Petugas
5  buah
5
-
9
Meja Baca
4  buah
4
-
10
Kursi Baca
32  buah
32
-
11
Study Currel
6  buah
6
-
12
Almari Katalog
1  buah
1
-
13
Papan Display
1  buah
1
-
14
Almari Plastik
1  buah
1
-
15
Pesawat Televisi
1  buah
1
-
16
Rak Koran
1  buah
1
-
No
Nama Barang
Jumlah
Keadaan
Baik
Rusak
17
Kipas Angin
2  buah
2
-
18
Tempat Proyektor
1  buah
1
-
19
Tempat Galon Minum
1  buah
1
-
20
Tempat Kartu Pinjam
1  buah
1
-
21
Jam Dinding
1  buah
1
-
22
Papan Grafik
2  buah
2
-
23
Papan Struktur  Organisasi
1  buah
1
-
24
Papan Denah Perpustakaan
1  buah
1
-
25
Papan Pengumuman
1  buah
1
-
26
Gb. Presiden & Wakil
1  buah
1
-
27
Gb. Bupati & Wakil
1  buah
1
-
28
Gb. Pahlawan
5  buah
5
-
29
Gb. Burung Garuda
1  buah
1
-
30
Kalender
1  buah
1
-
31
Sulak
1  buah
1
-
32
Sapu
2  buah
1
1
33
Keset
2  buah
1
1
33
Tempat sampah
1  buah
1
-
34
Sound Sistem
2  buah
2
-

Tabel 2.1 Daftar inventaris  ruang perpustakaan SMP Negeri 3 sukoharjo
C.      Koleksi
Macam Koleksi yang terdapat di perpustakaan SMP Negeri 3 Sukoharjo sangatlah terbatas diantaranya hanya koleksi tercetak saja dikarenakan mengingat pengunjung perpustakaan adalah guru dan siswa-siswi SMP Negeri 3 Sukoharjo, oleh sebab itu koleksinya pun dititik beratkan pada koleksi tercetak saja.
Koleksi yang terdapat di perpustakaan SMP Negeri 3 Sukoharjo dapat di klasifikasikan meliputi : karya umum, filsafat, agama, ilmu sosial, bahasa, pengetahuan murni, teknologi, seni, olahraga, sastra, geografi/sejarah, fiksi, referensi, kliping, majalah, karya tulis dan makalah. Meskipun demikian koleksi tercetak di perpustakaan SMP Negeri 3 Sukoharjo mengalami peningkatan, sehingga data yang diperoleh sampai saat ini seperti yang tertera pada tabel berikut :
No
Klasifikasi/Golongan
Buku Perpustakaan
Buku Paket
Jumlah Judul
Jumlah Eks
JumlahJudul
Jumlah Eks
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
000 – Karya Umum
100 – Filsafat
200 – Agama
300 – Ilmu Sosial
400 – Bahasa
500 – Pengetahuan Murni
600 – Teknologi
700 – Seni, Olahraga
800 – Sastra
900 – Geografi/Sejarah
Fiksi
Referensi
Kliping
Majalah
Karya tulis
Makalah
14
5
67
267
114
84
97
51
170
63
387
125
3
7
8
1
36
13
208
519
229
238
303
166
297
192
585
524
22
234
44
2
-
-
-
1
6
4
-
-
-
1
-
-
-
-
-
-
-
-
-
240
1515
1534
-
-
-
40
-
-
-
-
-
-

Tabel 2.2 Data buku dan bahan pustaka perpustakaan SMP Negeri 3 Sukoharjo.
D.      Struktur Organisasi
Berdasarkan Keputusan Kepala Sekolah tentang tugas dan wewenang serta program kerja perpustakaan SMP Negeri 3 Sukoharjo Tahun pelajaran 2010/2011 ditetapkan bahwa Struktur Organisasi Perpustakaan di SMP Negeri  3 Sukoharjo tertera pada bagan struktur organisasi dibawah ini :





Gambar 2.2 Struktur Organisasi Perpustakaan SMP Negeri 3 Sukoharjo
E.      Tenaga
unsur penunjang yang sangat penting bagi kemajuan suatu perpustakaan adalah dilihat dari segi sumber daya manusia didalam melaksanakan tugas Jenis beban kerja disuatu perpustakaan sebagai barometer kebutuhan akan sumber daya manusia tersebut sehingga ada kesesuaian antara keduanya yang  akan menghasilkan optimalisasi fungsi perpustakaan dan kerja para staffnya. Oleh karena itu sumber daya manusia yang memadai dan memiliki kualitas sangat diperlukan untuk menangani segala pelaksanaan tugas dan fungsi perpustakaan yang bersangkutan. Pelayanan yang baik akan mendukung tercapainya fungsi dan tujuan perpustakaan sebagai sumber informasi
didalam melaksanakan tugas dan fungsinya perpustakaan tersebut didukung oleh 1 orang koordinator perpustakaan dan 4 orang staff  yang bertanggung jawab kepada kepala sekolah selaku penanggung jawab atas semua kegiatan di SMP Negri 3 Sukoharjo.

E.      Dana
Dana merupakan faktor yang sangat mendukung didalam program pengembangan koleksi ataupun perpustakaan. Dana yang besar sangat mempengaruhi jumlah koleksi yang disediakan sehingga mampu menunjang dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh para pengunjung sehingga  pada akhirnya tujuan perpustakaan dapat tercapai. sumber dana perpustakaan di SMP Negeri 3 Sukoharjo diperoleh dari Anggran Pendapatan Belanja Negara (APBN), Anggran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Alokasi anggaran pengembangan koleksi 70 % sedangkan 30 % untuk keperluan administrasi kantor.
                       
F.      Layanan
Pelayanan yang diterapkan di perpustakaan SMP Negeri 3 Sukoharjo menggunakan sistem pelayanan terbuka yaitu pengunjung masuk ke ruang koleksi untuk memilih dan mengambil sendiri bahan pustaka yang diinginkan dari jajaran koleksi yang tersedia. sehingga pengunjung dapat dengan leluasa  untuk memilih bahan pustaka yang diinginkan dan dapat menghemat tenaga petugas perpustakaan karena tidak perlu mencarikan bahan pustaka yang diinginkan pengunjung adapun kerugian dari sistim pelayanan terbuka antara lain memerlukan tenaga ekstra untuk menjaga dan menyusun kembali bahan pustaka yangsudah di pakai yang terletak disembarang tempat. Sedangkan untuk koleksi referensi menggunakan sistem tertutup, yaitu pengunjung tidak boleh mengambil sendiri koleksi yang dibutuhkan. Pengunjung harus meberitahukan koleksi apa yang dibutuhkan selanjutnya petugas perpustakaan yang akan mengambilkan dan mengembalikannya.
Bagi guru yang ingin melakukan kegiatan diperpustakaan /belajar tambahaan bagi anak didiknya, maka minimal 1 hari sebelum penggunaan harus memberi tahu/minta ijin  kepada petugas perpustakaan. Keputusan bisa atau tidaknya penggunaan perpustakaan sebagai media informasi diputuskan oleh kepala perpustakaan.
Adapun jenis layanan yang ada di perpustakaan SMP Negeri 3 Sukoharjo yaitu :
1.        Pelayanan Teknis
Kegiatan pelayanan tehnik merupakan kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan informasi yang dilakukan oleh perpustakaan agar informasi dapat disajikan dan digunakan semaksimal mungkin. Kegiatan pelayanan teknis di perpustakaan SMP Negeri 3 Sukoharjo meliputi beberapa hal diantaranya :
a)        Pengadaan Bahan Pustaka
Pengadaan merupakan upaya untuk mendapatkan bahan pustaka yang dibutuhkan oleh perpustakaan  yang sebelumnya sudah dipilih dan diseleksi menurut kreteria sis dan fungsinya . Adapun perpustakaan SMP Negeri 3 Sukoharjo mendapatkan bahan pustaka melalui pembelian dan bantuan.
b)        Pengolahan Bahan Pustaka
Pengolahan bahan pustaka merupakan kegiatan memproses bahan dari pertama kali diterima hingga dapat disajikan kepada para pengguna. Adapun kegiatan yang dilakukan di bagian pengolahan antara lain:
a.         Klasifikasi bahan pustaka, dengan menentukan kelas/golongan ilmu serta subjek dari bahan pustaka yang bersangkutan.
b.        Entry data, dengan memasukkan informasi mengenai bahan pustaka.
c.         Penyelesaian, dengan pemasangan label bagian punggung buku sebelah kiri bawah, memberi kantong buku, slip tanggal kembali, kartu buku, memberi barcode dan penyampulan . 
d.        Inventarisaikoleksi,dengan mencatat identitas bahan pustaka secara manual dalam buku besar.
c)         Pemeliharaan Bahan Pustaka
Pemeliharaan koleksi merupakan kegiatan untuk menjaga kondisi dan keutuhan bahan pustaka agar lebih awet dan tahan lama sehingga bias dipergunakan secara layak. Pemeliharaan tersebut dilakukan dengan cara penyampulan, penjilidan dan perbaikan koleksi seperti label yang hilang serta halaman yang hilang karena sobek.
2.        Pelayanan Sirkulasi
salah satu kegiatan yang berkaitan dengan pengguna perpustakaan adalah layanan sirkulasi. Adapun kegiatan layanan sirkulasi di perpustakaan SMP Negeri 3 Sukoharjo yaitu :
a)        Pendaftaran anggota perpustakaan
Syarat menjadi anggota perpustakaan SMP Negeri 3 Sukoharjo yaitu dengan mengisi formulir pendaftaran anggota perpustakaan SMP Negeri 3 Sukoharjo dan mengumpulkan foto hitam putih berukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar.
b)        Peminjaman
Diperpustakaan SMP Negri 3 Sukoharjo Peminjaman koleksi merupakan salah satu kegiatan utama/pokok  dalam sirkulasi peminjaman bahan pustaka  diperpustakaan tersebut maksimal 1 bahan pustaka untuk satu anggota dengan jangka waktu 3 hari, bagi guru/karyawan peminjaman bahan pustaka diberi jangka waktu maksimal 1 bulan.
c)         Pengembalian dan perpanjangan
Kegiatan pengembalian dilakukan setelah bahan pustaka yang dipinjam selama 3 hari. Perpanjangan bahan pustaka dilakukan 1 hari sebelum jatuh tempo peminjam, bisa diperpanjang 1 kali masa pinjam.
d)        Pemberian sanksi atau denda
apabila terjadi keterlambatan pengembalian bahan pustaka yang dipinjam maka peminjam akan diberi sangsi/denda sesuai peraturan. Sanksi atau denda tersebut berupa uang sebesar Rp 100,- (seratus rupiah) per hari.
Jika bahan pustaka rusak/hilang maka peminjam di wajibkan mengganti dengan bahan pustaka yang baru.
3.        Pelayanan Administrasi
kegiatan yang berkaitan dengan administrasi dan dilakukan untuk menunjang kegiatan lainnya merupakan layanan administrasi. Pelayanan administrasi yang dilakukan meliputi :
a)         Perlengkapan, misalnya pembelian alat pendukung yang diperlukan     perpustakaan
b)        Ketatausahaan,meliputi pembuatan proposa,surat menyurat,laporan,dan lain-lain.
4.        Pelayanan Referensi
Layanan ini diberikan kepada pengguna perpustakaan dengan jalan memberikan informasi siap pakai dengan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengguna,serta memberikan bantuan informasi dari berbagai subyek dan sumber atau memberikan bahan rujukan pada koleksi lain sesuai dengan informasi yang di butuhkan.













BAB III
MASALAH DAN PEMECAHANNYA

A.      Masalah
Maju mundurnya perpustakaan dapat diukur dari jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan. Semakin banyak jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan maka perpustakaan tersebut semakin maju. Selama dalam praktek kerja perpustakaan di perpustakaan SMP Negeri 3 Sukoharjo, penulis menemukan permasalahan yang dihadapi antara lain :
1.        Sedikitnya jumlah guru yang datang berkunjung ke perpustakaan jika dibandingkan dengan jumlah guru yang ada, demikian juga dari pihak siswa-siswi SMP Negeri 3 Sukoharjo.
2.        Kurang disiplinnya siswa-siswi anggota dalam pengembalian buku.
3.        Dalam mengurus kartu bebas perpustakaan, masih ada sebagian siswa-siswi anggota perpustakaan yang belum melengkapi semua syarat-syarat yang berlaku.
4.        Dalam peminjaman koleksi buku, masih ada siswa-siswi anggota perpustakaan yang menggunakan kartu anggota perpustakaan milik orang lain.
5.        Siswa-siswi anggota perpustakaan masih banyak yang belum bisa mentaati tata tertib perpustakaan yang telah di tetapkan.
B.          
17
 
Pemecahan Masalah
            Beberapa usaha yang seharusnya dilakukan oleh perpustakaan SMP Negeri 3 Sukoharjo dalam menghadapi beberapa masalah tersebut diatas adalah sebagai berikut :
1.        Sebaiknya Perpustakaan SMP Negeri 3 Sukoharjo dalam rangka meningkatkan jumlah pengunjung dilakukan dengan cara mengadakan beberapa kegiatan promosi, diantaranya adalah pameran buku
2.        Dalam mengatasi kekurang disiplinan siswa-siswi anggota perpustakaan dalam hal pengembalian buku adalah dengan cara memberikan denda sebesar Rp.100,- per buku per hari dan memberikan surat keterlambatan buku kepada anggota perpustakaan.
3.        Untuk mengatasi persyaratan kartu bebas perpustakaan, siswa siswi anggota perpustakaan dibuatkan surat jaminan dengan biaya Rp.100.000,- dan apabila siswa siswi sudah melengkapi persyaratan maka uang jaminan tersebut dikembalikan kepada siswa-siswi kembali.
4.        Dalam hal peminjaman koleksi, peminjam harus datang sendiri dan menunjukan kartu anggota pada petugas perpustakaan.
5.        Melakukan pendekatan dan memberikan bimbingan langsung kepada siswa-siswi anggota perpustakaan atau melalui guru kelas masing-masing




BAB IV
PENUTUP

A.           Kesimpulan
Berdasarkan hal-hal yang telah diuraikan di depan, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1.        Sedikitnya jumlah pengguna perpustakaan yang berkunjung dapat mendorong kinerja pegawai perpustakaan untuk lebih optimal dalam memecahkan permasalahan tersebut.
2.        Kedisiplinan pegawai perpustakaan menentukan kedisiplinan pengunjung dalam mengunakan fasilitas perpustakaan

B.            Saran
Selama mengadakan praktek kerja perpustakaan di SMP Negeri 3 Sukoharjo, maka hal-hal yang dapat kami sarankan antara lain ;
1.        Jika memungkinkan diadakan petugas khusus di bagian pelestarian bahan pustaka agar buku yang rusak dapat segera di perbaiki.
2.        Alangkah baiknya jika ada petugas khusus pengadaan bahan pustaka.
3.       
19
 
Sebaiknya petugas di bagian sirkulasi terutama petugas layanan peminjamaan dan pengembalian buku, lebih berani menegur dan menindak tegas kepada pengguna yang melanggar tata tertib. Misalnya bagi pengguna perpustakaan yang meminjam dengan menggunakan kartu pinjam orang lain.
4.        Sebaiknya Bapak ibu guru dan pengguna perpustakaan memperhatikan kebersihan serta ikut menjaga dan merawat semua fasilitas perpustakaan yang ada.
5.        Alangkah baiknya lokasi perpustakaan di tempatkan di tempat yang strategis
















DAFTAR PUSTAKA

Nuraini, Siti dan Sri Suharmini W. 2007. Praktek kerja perpustakaan (untuk mahasiswa); PUST 2290. Jakarta : Universitas Terbuka.
Djuharie, O. Setiawan dan Suherli. 2001. Panguan membuat karya tulis : resensi, laporan, buku, skripsi, tesis, artikel, makalah, berita, essai dll. Bandung: Yrama Widya.
Hasnun, Anwar. 2004. Pedoman dan petunjuk praktis karya tulis, puisi, artikel, makalah, laporan, surat dinas : untuk SMA, Perguruan Tinggi dan umum. Yogyakarta: Absolut.
Purawijaya, Ipon Sukasih. 1994. Penyusunan laporan. Jakarta : Universitas Terbuka.
Raharjo, Budi dan Joko Irawan M. 2002. Penulisan laporan, skripsi dan tesis dengan Microsoft word. Yogyakarta : Andi.


















Lampiran













URAIAN TUGAS
PETUGAS PERPUSTAKAAN

1.        Penanggung Jawab/Kepala Sekolah
a.         Bertanggung jawab atas hasil kegiatan perpustakaan
b.         Memberi Petunjuk-petunjuk kepada petugas perpustakaan
c.         Memonitor dan meng-evaluasi perpustakaan

2.        Koordinator
a.     Mengkoordinir seluruh petugas perpustakaan
b.    Memberi masukan yang berkaitan dengan tugas perpustakaan
c.     Melakukan koordinasi dengan guru bidang studi
d.    Bertanggung jawab atas kelancaran , ketertiban kegiatan perpustakaan
e.     Menyusun program kerja kegiatan perpustakaan
f.     Memberi tugas untuk kegiatan perpustakaan
g.    Menyusun rencana kebutuhan biaya dan bahan guna mengembangkan perpustakaan
h.    Melakukan monitoring dan evaluasi untuk hasil kegiatan perpustakaan Menyusun laporan kepada kepala sekolah

3.        Administrasi
a.    Membuat kartu tanda anggota perpustakaan
b.    Membuat data buku
c.    Memberi tanda/label pada buku-buku
d.   Membuat kartu peminjaman buku

4.        Bagian Teknis
a.     Membuat Catatan-catatan tentang buku yang keluar masuk
b.    Membuat Catatan  tentang pelanggaran oleh peminjam
c.     Membuat laporan kepada ketua

5.        Pelayanan
a.     Melayani pinjaman buku
b.    Melayani pengembalian buku pinjaman
c.     Membuat rekapitulasi buku yang keluar dan masuk


Sukoharjo, 15 juli 2010
Mengetahui
Kepala SMP N 3 Sukoharjo                                      Koordinator Perpustakaan
                                                  

Suratman, S.Pd.,M.Pd.                                           Gunawan Sulistyono, S.Pd
NIP.19650527 1989 03 1 011                                   NIP. 19671102 199802 1 003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar